Selasa, 26 Juni 2018

Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi


Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi

            Kemajuan teknologi dan informasi yang merajai hampir seluruh sektor semakin menunjukkan pengaruhnya di bidang pendidikan. Salah satu bentuk kemajuan teknologi dan informasi dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun perguruan tinggi adalah electronic learning. Electronic learning atau yang bisa disebut e-learning adalah bentuk sistem pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar dan mengajar, baik melalui website maupun aplikasi-aplikasi pembelajaran. Pemanfaatan e-learning dalam dunia pendidikan merupakan sarana penunjang dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas  pembelajaran di dalam kelas.
         Universitas Negeri Yogyakarta sendiri telah menerapkan e-learning yang dapat kita lihat dengan adanya be-smart. Be-smart merupakan suatu media pembelajaran yang disediakan untuk proses belajar mengajar interaktif melalui internet yang ditujukan untuk dosen dan mahasiswa UNY. Pada Jurusan Pendidikan Sosiologi, e-learning sudah diterapkan oleh beberapa dosen baik dalam hal penyampaian materi maupun pemberian tugas. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam kegiatan pembelajarannya adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan suatu ruang pembelajaran yang diperuntukkan bagi setiap lingkup pendidikan, yang dimaksudkan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran tanpa interaksi tatap muka. Dengan ini, mahasiswa dimudahkan dalam mengirim tugas dan mendapatkan materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen.
          “Hadirnya e-learning dalam dunia pendidikan menjadi sebuah terobosan baru yang bukan untuk menghapuskan pembelajaran konvensional atau tatap muka, namun untuk menguatkan dan melengkapi pembelajaran konvensional itu sendiri,” kata Denanda, mahasiswa aktif Pendidikan Sosiologi 2015. “Karena kalau semua kegiatan pembelajaran adalah  e-learning, hal tersebut justru memicu pudarnya interaksi antara mahasiswa dengan dosen itu sendiri,” tambahnya.
              E-learning sangat membantu dosen dan mahasiswa dengan memberikan banyak kemudahan, efektivitas, dan juga efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun dalam prosesnya, penggunaan sistem pengajaran berbasis digital ini memiliki beberapa tantangan yang masih harus ditangani khususnya dalam dunia pendidikan. Tantangan hadir dari penggunanya sendiri, yaitu dosen dan mahasiswa. Mahasiswa terkadang masih merasa kesulitan dalam penggunaan teknologi yang berkembang dan berinovasi secara terus menerus. Sementara itu untuk dosen selaku pendidik, tantangannya adalah masih banyaknya dosen yang belum sepenuhnya menguasai teknologi. Hal ini tentu berdampak pada penggunaan e-learning yang belum dapat dikatakan sempurna.
       Hadirnya electronic learning di perguruan tinggi selain memiliki banyak kelebihan, juga memiliki kekurangan. Sebagai contoh, dengan kegiatan pembelajaran tanpa tatap muka dan interaksi langsung, e-learning dipandang menggugurkan peran dosen yang justru tergantikan dengan kecanggihan teknologi. Selain itu, melalui e-learning pendidikan karakter juga menurun. Hal ini disebabkan karena e-learning lebih fokus pada  pengontrolan mahasiswa dalam akademiknya saja. Nilai-nilai karakter dan moral seperti sopan santun, kedisiplinan, dan keaktifan kurang mendapat perhatian. Untuk mengatasi dampak negatif penggunaan e-learning, pengguna harus lebih bijaksana dalam menggunakan teknologi.
          Denanda mengatakan, “Pembelajaran di perguruan tinggi lebih baik kepada kombinasi antara e-learning dengan konvensional. Kalau konvensional semua itu seperti menunjukkan kalau  kita tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada." “Kalau konvensional kan tatap muka setiap hari, mengerjakan tugas di cetak kemudian dikumpulkan yang terkadang memakan waktu dan biaya banyak. Tapi kalau dikombinasikan dengan e-learning yang pengiriman tugasnya dikirim melalui internet, tentu dapat menghemat kertas juga. Misal semua konvensional kita hanya terpaku dengan sistem pembelajaran yang tradisional,” lanjutnya. (LNK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar