Minggu, 04 November 2018

SOSIOLOGI MENGAJAR


Sosiologi Mengajar: Baktiku Untuk Masyarakat

Penulis: Vickita Rahma Dwi Saputri

Sosiologi Mengajar merupakan kegiatan yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan. Dengan adanya kegiatan Sosiologi Mengajar ini, semakin menunjukkan bagaimana peran nyata Pendidikan Sosiologi FIS UNY  turun langsung membantu masyarakat. Sosiologi Mengajar bertujuan untuk memecahkan permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat seperti minat belajar anak-anak yang relatif rendah, kurangnya intensitas belajar anak-anak, dan pandangan anak-anak bahwa belajar adalah hal yang membosankan. Selain itu, dalam kegiatan Sosiologi Mengajar ini tidak hanya menekankan pada aspek akademik saja, melainkan juga menekankan pada pendidikan karakter yang bisa dibilang tak kalah penting dengan kegiatan akademik. Sosiologi Mengajar ke-6 ini berusaha menumbuhkan kreativitas dan budi pekerti dalam diri adik-adik sehingga di masa mendatang mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter. 
Sosiologi Mengajar #6 ini mengambil tema “GIAT” yang merupakan singkatan dari Generasi Indonesia Hebat. Saat ini Sosmeng dilaksanakan di Dusun Mlati Beningan, Sendangadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini akan berlangsung kurang lebih 2,5 bulan yang mana sudah dimulai sejak tanggal 9 September 2018 dan dilaksanakan setiap hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Total kegiatan Sosmeng sendiri ada 16 kali kegiatan akademik, 4 kali kegiatan non akademik, dan 3 kali refreshing.
Sosmeng yang merupakan progam kerja Divisi Hubungan Masyarakat Kesejahteraan Mahasiswa (HMKM), menggerakkan Mahasiswa Dilogi dengan membuka open recruitment dan open volunteer. Untuk pengajar nantinya akan di plotkan ke dalam jenjang jenjang pendidikan dan juga mata pelajarannya seperti mengajar di TK, SD, SMP dan untuk mata pelajarannya seperti matematika, PKN, IPS, dan sebagainya.
Goals dari kegiatan Sosiologi Mengajar #6 sendiri yaitu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan kepada adik-adik agar kelak dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Sosmeng berusaha membantu mengatasi masalah yang ada terkait minat belajar adik-adik di desa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar