Jumat, 09 Oktober 2020

Tips: Tips Adaptasi Dengan Kehidupan Perkuliahan

  Tips Adaptasi Dengan Kehidupan Perkuliahan

Oleh: Muhammad Raihan Aditama

        Kuliah tentunya menjadi hal baru bagi mahasiswa yang baru saja memasuki kehidupan perkuliahan. Mungkin ada yang masih bertanya-tanya mengenai cara untuk beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan yang belum pernah dialami sebelumnya. Setiap mahasiswa baru pasti memiliki perasaan yang berbeda diawal masa perkuliahan. Ada yang merasa tidak siap, canggung, bingung, atau bahkan takut dengan lingkungan yang baru saja dimasukinya. Maka dari itu, yuk, simak beberapa tips adaptasi dengan kehidupan perkuliahan di bawah ini! 

1. Eksplorinformasi tentang jurusanmu sebanyak mungkin

Ada pepatah berkata,tak kenal maka tak sayang”. Inilah mengapa kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusanmu agar bisa mengenal secara lebih dalam. Ketika kamu dapat mengenal lebih dalam, tentunya kamu akan lebih nyaman untuk belajar dan berproses dijurusan kuliahmu sekarang.

 2. Membuka diri dengan teman-teman baru

Di kehidupan perkuliahan, tentunya kamu sudah tidak lagi bersama teman-teman yang sama ketika di SMA.Kamuharusbisamembukadiriuntukdapat berbaurdenganteman-temanbarudiperkuliahan. Terutama bagi kamu yang jauh dari keluarga, teman-temanlah yang akan membantu kamu ketika dihadapkan kesulitan terkait tugas perkuliahan atau hal lainnya.

 3. Gabung dengan organisasi di kampus

 Alangkah baiknya jika kuliah tidak hanya berfokus untuk mengembangkan kemampuan akademik saja, karena kemampuan non-akademik juga sama pentingnya untuk bekal di masa depan nanti. Ada banyak organisasi kampus yang bisa kamu pilih untuk bergabungan berproses di dalamnya. Pilihlah organisasi yang sesuaidengankarakter,selera,dankemampuanmu. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan skill dirimu di luar kelas dengan semangat dan efektif

4. Selalu pantau grup kelas atau mata kuliah

Saat musim kuliah daring seperti sekarang, informasi-informasi mengenai perkuliahan akan banyak disampaikan melalui grup whatsapp. Sebenarnya tips ini tidak hanya berlaku sekarang. Namun, dimasa perkuliahan saat ini lalu lintas informasi perkuliahan yang disampaikan lewat grup akan lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, jangan sampai kamu ketinggalan informasi perkuliahan karena jarang memantau grup. Pantau grup secara berkala, setidaknya selama hari dan jam kerja.

5. Kuliah jangan sampai mengganggu refreshing

Mungkin kamu sudah berusaha fokus kuliah dan belajar,namunmasihsajasusahmemahamimateri kuliah? Bisa jadi ini karena kamu butuh penyegaran, karena setiap manusia pasti bisa merasa jenuh. Cobalah untuk sejenak meninggalkan aktivitas perkuliahanmu untuk refreshing. Kamu bisa pergi ke suatu tempat yang menarik, menonton film, atau berbincang dengan teman-teman. Tapi ingat, di masa pandemi Covid-19, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar tetap nyaman dan aman.Itulah beberapa tips untuk beradaptasi dengan kehidupanperkuliahan.Janganlupauntukselalu menikmati masa kuliah, karena di masa kuliah inilah banyakruanguntukmengembangkanbakatdan potensimu. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk dapat menjalani perkuliahan dengan semangat dan maksimal  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar