Kamis, 12 November 2020

Fun Fact Pendidikan Sosiologi

 

FunFact Pendidikan Sosiologi

Oleh : Amel Ayu Melani

 

        Jurusan Pendidikan Sosiologi berdiri pada tahun 2004 di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Pendidikan Sosiologi mendorong kemajuan pendidikan melalui bangunan Ilmu Sosiologi dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk membentuk manusia yang memiliki pengetahuan luas, berjiwa kepemimpinan, berkarakter, mengembangkan toleransi dan berjiwa profesional. Jurusan Pendidikan Sosiologi cukup populer di lingkungan kependidikan yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta, namun tidak banyak yang tahu fakta menarik di Jurusan Pendidikan Sosiologi. Berikut adalah fakta menarik di Jurusan Pendidikan Sosiologi:

1. Pendidikan Sosiologi merupakan Prodi Kependidikan Terbaik di FIS

Ada beberapa prodi Kependidikan yang ada di Fakuktas Ilmu Sosial, salah satunya adalah prodi Pendidikan Sosiologi. Dimana prodi Pendidikan Sosiologi merupakan prodi kependidikan terbaik yang ada di FIS. Setiap tahunnya prodi Pendidikan Sosiologi menerima sekitar 80 mahasiswa baru melalui berbagai jalur masuk. Pendidikan Sosiologi juga cukup populer di kalangan siswa SMA/ Sederajat karena calon mahasiswa baru yang mendaftar prodi Pendidikan Sosiologi terbilang cukup banyak.

2. Adanya Advokasi Dilogi

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi atau sering disebut Hima Dilogi memiliki salah satu Program Kerja dalam bidang Advokasi yang menjadi wadah untuk penyaluran aspirasi, kritik, saran dan berbagai keluhan mahasiswa. Advokasi Hima Dilogi memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa Pendidikan Sosiologi melalui penyaluran aspirasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Dalam menyalurkan aspirasi, mahasiswa dapat menyampaikan lewat Hotline Advokasi Hima Dilogi.

3. Lulusan Pendidikan Sosiologi

Pendidikan Sosiologi merupakan jurusan kependidikan, namun tidak menutup kemungkinan lulusan dari Pendidikan Sosiologi tidak menjadi guru. Banyak alumni dari Pendidikan Sosiologi yang bekerja di luar dunia penidikan dan penlitian. Terdapat 3 alumni pendidikan sosiologi yang menjadi dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan Sosiologi UNY. Bahkan di luar itu ada yang terjun di dunia seni, pengusaha konveksi, bisnis dan lain sebagainya.

4. Pendidikan Sosiologi pernah bergabung dengan Jurusan Sejarah

Sebelum Pendidikan Sosiologi berdiri sendiri pada tahun 2004, Pendidikan Sosiologi bergabung dengan Jurusan Sejarah. Dimana tentunya pendidikan yang diajarkan disana berbeda dengan yang setelah berdiri sendiri, yang mana materinya masih banyak berkaitan dengan ilmu sejarah.

5. Rasa Kekeluargaan yang Kuat antar angkatan dan Alumni Pendidikan Sosiologi

Rasa kekeluargaan antar mahasiswa Pendidikan Sosiologi tidak terbatas hanya sesama kelas atau satu angkatan saja, melainkan antar angkatan dan alumni. Terlihat hampir sebagian kantin selalu di penuhi oleh mahasiswa Pendidikan Sosiologi dari semua angkatan sehingga dapat saling mengenal satu sama lain.

6. Ruang Kelas Pendidikan Sosiologi AC-nya dingin

Prodi Pendidikan Sosiologi memakai ruang kuliah yang ada di FIS yaitu ruang 6,9, dan 10. Dimana dalam proses belajar di atur sesuai jadwal kelas masing-masing dan AC yang ada di ruang kuliah memang sangat dingin tapi orang-orngnya ramah kok dosennya juga. Belajar sosiologi juga tidak melulu di dalam kelas, banyak kegiatan di luar kelas seperti observasi, pembuatan video dan lain sebagainya. Selain ruang kuliah, Pendidikan Sosiologi juga memiliki laboratorium yang dapat di gunakan untuk belajar dan menambah pengetahuan dengan buku-buku yang ada di sana.

7. Mie Ayam Pak Panjul dan Sop Matahari

Makanan favorit mahasiswa Dilogi/Pendidikan Sosiologi adalah Mie Ayam Pak Panjul dan Sop Matahari yang terdapat di kantin FIS. Jadi sembari duduk-duduk dan nongkrong biasanya mahasiswa Pendidikan Sosiologi menikmati makanan favorit yang tersedia di kantin.

8. Mahasiswa Pendidikan Sosiologi suka kumpul atau nongkrong

Selain di kantin FIS, mhasiswa pendidikan sosiologi juga sering melakukan kumpul diluar kampus. Biasanya untuk sekedar bercanda gurau ataupun diskusi sehingga dalam perkumpulan tersebut dapat memberikan kebermanfaatan.

Itu adalah beberapa funfact yang ada di Pendidikan Sosiologi, masih banyak fakta menarik lainnya yang tidak cukup jika di ceritakan semuanya. Have Fun!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar