Rabu, 11 November 2020

Profil Laboratorium Pendidikan Sosiologi

 

PROFIL LABORATORIUM PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Oleh : Jadies Aulia Nur Rahim

Laboratorium Pendidikan Sosiologi yang biasanya disingkat “labsos” merupakan salah satu fasilitas di jurusan Pendidikan Sosiologi untuk menunjang aktivitas akademik mahasiswa. Labsos terletak di lantai 3 gedung Laboraturium Ilmu Sosial Terpadu atau yang biasa disebut gedung ISDB. Tujuan dari labsos pada tahun ini adalah mengutamakan laboraturium sebagai wadah untuk mengembangkan penelitian/riset baik secara kualitatif maupun kuantitatif oleh mahasiswa. Selain itu, sebagai tempat yang bermanfaat untuk pembelajaran/perkuliahan dan kegiatan lain yang produktif dan jelas bagi mahasiswa. Dosen Pembina Laboratorium Pendidikan Sosiologi adalah Bapak Adi Cilik Pierewan Ph.D. Beliau baru menjabat sebagai kepala laboraturium pada tahun ini, sedangkan asisten Laboratorium Pendidikan Sosiologi antara lain adalah Tawang Kanthi (2019), Galih Ragatiwi (2019), Anisa Cusna (2019), Lintang Arsy (2019), Risal Arbangisah (2019), Leni (2019), Puja Agung (2019), Ayomi K (2019), Jadies Aulia (2019), Almaisa (2018), Asfi (2018).  

Di tahun 2020 Laboratorium Pendidikan Sosiologi memiliki 3 divisi yaitu Divisi Kepustakaan, Divisi Penelitian, serta Divisi Produksi dan Pengembangan Media. Dalam hal ini, setiap divisi memiliki fungsi masing-masing. Divisi kepustakaan yang bertugas untuk mengatur sirkulasi buku,peminjaman buku,sumbangan buku. Divisi penelitian yang bertugas melakukan kegiatan penelitian bersama, contoh bentuk pengamatan sebelum melakukan kegiatan seperti pengabdian masyarakat. Divisi produksi dan pengembangan media adalah divisi yang bertugas melakukan proses pembuatan suatu produk seperti media pembelajaran, dll. Di tahun 2020 Laboratorium Pendidikan Sosiologi sendiri mempunyai rencana program penelitian.

Di Laboratorium Pendidikan Sosiologi terdapat fasilitas-fasilitas antara lain ruang skripsi yaitu ruangan untuk menyimpan skripsi mahasiswa Pendidikan Sosiologi dari tahun 2004 hingga sekarang, ruang media pembelajaran yaitu ruangan untuk menyusun skripsi dan mengerjakan tugas oleh mahasiswa Pendidikan Sosiologi, ruang diskusi dimana pada saat masuk terdapat meja di tengah merupakan tempat untuk berdiskusi, ruang khusus kepala laboratorium, kursi kuliah, rak buku-buku tentang sosiologi, rak khusus majalah, tempat isi ulang air minum yang merupakan fasilitas baru, printer dan sofa serta empat komputer dengan akses internet. Buku-buku yang terdapat di Laboratorium Pendidikan Sosiologi berasal dari sumbangan mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang sudah menyelesaikan studinya. Selain itu, adapun pelayanan yang diberikan oleh Laboratorium Pendidikan Sosiologi yaitu peminjaman buku pendidikan dan sosiologi, peminjaman alat dan barang yang berkaitan dengan pembelajaran, percetakan apabila mahasiswa selesai mengerjakan tugas bisa langsung dicetak.

Laboratorium Pendidikan Sosiologi terbuka untuk semua mahasiswa baik mahasiswa Pendidikan Sosiologi maupun mahasiswa di luar Pendidikan Sosiologi. Biasanya kegiatan yang sering dilakukan mahasiswa di Laboratorium Pendidikan Sosiologi adalah melakukan penelitian, mengerjakan tugas, menyusun skripsi, membaca atau meminjam buku dan berdiskusi serta sering diadakan kelas/kuliah. Namun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk sementara waktu diberhentikan karena adanya pandemi. Semoga Laboratorium Pendidikan Sosiologi bisa segera kembali dibuka.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar