Sabtu, 02 April 2011

Anakku Sayang, Anakku Malang

Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia


Sejenak lagu “Kasih Ibu” karya S.M Moctar ini mengajak kita kembali mengenang betapa besar kasih sayang yang diberikan seorang ibu kepada anaknya. Bagaimana tidak? Ibu rela mengandung sembilan bulan dengan bobot yang luar biasa dan merusak tubuh langsingnya. Kemudian kita lahir dan menyita begitu banyak waktunya hanya untuk membuat kita merasa nyaman berada di dunia yang baru.


Namun bagaimana dengan kasus seorang ibu yang membunuh anak kandungnya sendiri? Apakah iya kasih sayang seorang ibu sudah tiada? Apakah iya lagu di atas sudah tidak relevan lagi di zaman serba canggih ini? 
Kasus pembunuhan anak kandung bukan lagi hal tabu di dunia kriminal saat ini. Begitu mudahnya seorang ibu menggorok leher anaknya[1] merupakan salah satu contoh dari banyaknya kasus tentang pembunuhan anak sendiri.

Ada banyak motif dengan berbagai perspektif yang mendorong perbuatan tersebut. Hampir semua kasus pembunuhan terhadap anak kandung dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi yang morat-marit. Ketakutan tidak bisa membiayai kehidupan anaknya kelak membuat orangtua (ibu) mengambil tindakan yang gegabah. Hal ini disebut dengan pelepasan (salvation). Dalam kajian studi kriminologi (Nitibaskara, 2009: 151-152), pembunuhan terhadap anak kandung dikarenakan ketidaksanggupan seorang ibu untuk memberi makan pada dirinya dan buah hatinya yang mengakibatkan pertimbangan rasional seorang ibu untuk memilih jalan lain. Kasih sayang seorang ibu yang tetap terjaga itu membuatnya berpikir untuk mengakhiri penderitaan ini. Tindakan pembunuhan merupakan pilihan akhir yang tersulit yang harus diambil untuk memutus rantai derita kelaparan tersebut. Tindakan pelepasan (salvation) ini bisa saja dibenarkan karena adaya rasa empati pada pelaku (ibu) yang tidak tega melihat anaknya menderita.
Selain itu dijelaskan oleh Mead dalam buku Teori Sosiologi tentang Pribadi dalam Masyarakat (Soekanto, 1982: 119) yang menerima pandangan Darwin bahwa dorongan biologis memberikan motivasi bagi perilaku manusia. Dorongan rasa lapar memotivasi seorang ibu untuk membunuh anaknya. Hal tersebut sebagai bentuk pertahanan diri terhadap lingkungan yang berubah yang disebut the survival for the fittes oleh Herbert Spencer, dimana organisme yang lemah akan mati menghilang sebelum menggandakan diri. Posisi ini didapati oleh anak yang menjadi korban pembunuhan dimana dia berada pada posisi yang lemah karena ketidaktahuannya.

Begitulah sudut pandang yang dapat ditawarkan oleh pendekatan tersebut. Sepintas pembunuhan memang terlihat kejam, karena pelaku mengambil hak Tuhan atas nyawa seseorang. Status keibuannya pun mulai dipertanyakan. Tapi begitulah hidup, sebuah pilihan. Pada intinya setiap tindakan mempunyai alasan tersendiri, terlepas itu benar atau salah.


Referensi
K.J. Veeger. 1986. Realitas Sosial. Jakarta: Gramedia
Nitibaskara, Ronny Rahman. 2009. Perangkap Penyimpangan dan Kejahatan: Teori Baru dalam Kriminologi. Jakarta: Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian
Soekanto, Soerjono. 1982. Teori Sosiologi tentang Pribadi dalam Masyarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar