Jumat, 15 April 2011

Tertawa itu Indah


“Tertawalah dan dunia akan ikut tertawa bersamamu”
--Ella Wheeler Wilcox--

Benar, tertawalah dan dunia akan tertawa berasamamu! Selera humor merupakan salah satu kualitas utama kecerdasan spiritual. Tawa akan mengurangi perasaan stress, meningkatkan kesehatan secara umum, dan menambah jumlah teman. Tawa dapat menciptakan kehidupan yang lebih bahagia, ceria, dan bersemangat.


Humor membantu kita menempatkan segala sesuatu sesuai porsinya, dan dapat meredakan semua persoalan. Dengan cara yang luar biasa, humor dapat membagi ketegangan dan menyatukan orang dari berbagai profesi. Humor memperlihatkan semua umat manusia.

Kekuatan Humor
“Tawa merupakan musik paling beradab di dunia”
--Peter Ustinov--

Sama seperti emosi, seni, dan musik, humor sering dianggap rendah sebagai kepandaian mental yang “lebih lemah”. Padahal, humor merupakan salah satu yang terkuat.
Coba pertimbangkan hal-hal berikut:

Kekuatan untuk hidup
Tawa merupakan obat termujarab. Norman Cousins, seorang pengarang terkenal, telah diberitahu bahwa dia menderita kanker yang mematikan. Cousins tidak mau menerima vonis ini begitu saja, dan dia langsung mencari penyembuhan dan obat-obatan yang paling mujarab. Dia memutuskan untuk menggunakan senjata pamungkasnya, humor! Dia menyibukkan diri dengan dengan buku-buku kartun, film-film humor, buku lelucon, dan teman-teman yang jenaka. Kanker yang diidap bisa dikalahkan oleh serbuan tawanya yang dahsyat. Dia keluar dari rumah sakit dengan kondisi yang lebih sehat dan merasa amat sangat bahagia.

Humor dan seks
Kita biasakan untuk percaya bahwa bagian tubuh tertentu, terutama mata, bibir, payudara, paha, bokong, dan alat kelamin merupakan daya tarik seksual yang utama. Namun, semua yang telah disebut di atas ternyata dikalahkan oleh “selera humor”. Dalam berbagai survei, hal ini terbukti sebagai sifat yang paling berdaya tarik seksual. Kenapa? Karena tawa bukan hanya membukakan pikiran, tapi juga panca indra. Inilah prasyarat mutlak dari keintiman dan percumbuan.
  
Kartun
Menurut data statistik, objek paling populer yang setiap hari dibaca oleh semua orang di seluruh dunia di harian mereka adalah gambar atau kalimat humor. Seorang kepala editor pada harian nasional terbesar di Amerika bahkan mengatakan, jika mereka menghentikan pemuatan salah satu seri kartun populer dari harian mereka, mereka langsung bisa kehilangan puluhan ribu pelanggan. Ketika Anda tersenyum atau tertawa, otak memerintahkan tubuh Anda untuk melepaskan “hormon sehat”. Kartun yang “disantap” secara teratur setiap hari sama pentingnya dengan “sebutir apel sehari”

Humor dalam peperangan
Apa senjata pamungkas yang dipakai oleh pasukan bersenjata? Humor! Selama berperang, angkatan bersenjata menghabiskan dana jutaan pound untuk menggelar tur komedi akbar, di mana ratusan dari ribuan tentara dan pekerja militer mendapatkan “suntikan energi” secara teratur melaui kejenakaan dan tawa. Tur akbar Bob Hope untuk angkatan bersenjata Amerika merupakan salah satu contohnya. Kini, beberapa angkatan bersenjata secara khusus menyediakan “Pelatihan Kebahagiaan” (Happiness Training) untuk bekal bagi para anggota militer seandainya mereka ditawakan pihak musuh.

Tokoh Jenaka yang Bijak
Shakespeare, salah seorang penulis yang paling cemerlang sepanjang masa, sadar bahwa humor merupakan salah satu bentuk kecerdasan yang tinggi. Karena itu dia secara berkal menciptakan Tokoh Jenaka (the Fool) dalam dramanya. Bukan hanya untuk memerankan tokoh yang paling kocak, tapi juga yang paling bijaksana dibanding tokoh-tokoh yang lain. Dia menjelaskan hal ini secara gamblang dalam Twelfth Night, orang ini cukup bijak untuk memerankan tokoh jenaka (the fool); dan untuk melakukannya dengan baik dia membutuhkan suatu kejenakaan”.

Tawa Menaklukan Rasa Sakit
Secara teratur rasa sakit melaporkan bahwa jumlah keluhan dari para pasien menurun drastis apabila sang pasien dihibur oleh orang-orang yang dapat membuat mereka tawa. Studi psikologi juga menunjukkan bahwa tawa dapat meningkatkan produksi sel pembunuh rasa sakit dalam tubuh, dan pada saat yang bersamaan juga meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.
Penggugah Smangat  
  • Aku adalah orang yang semakin bahagia. Aku akan tersenyum kapan pun ada kesempatan.
  • Aku akan dapat melihat sisi jenaka dari suatu hal, dan akan menyebarluaskan “kabar gembira” ini kepada keluarga dan teman-teman.
  • Dalam kehidupan sehari-hari aku adalah orang yang ceria. Aku tidak memberati hidupku dan hidup orang lain.

REFERENSI
Buzan, Tony. 2001. Sepuluh Cara Jadi Orang yang Cerdas Secara Spiritual. Jakarta: PT. Gramedia

*azalea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar