Selasa, 26 April 2011

Mobil Interaksi

Mobil interaksi, begitulah saya menyebut dua bus yang membawa mahasiswa sosiologi UNY angkatan 2010 saat KKL 20-21 April 2011 kemarin. Dua bus yang melaju dengan cepat menerobos dinginnya pagi, teriknya matahari dan pekatnya malam dengan satu tujuan menjaga keselamatan penumpang sampai di tempat tujuan.

Adakah kalian berfikir apa yang saya fikirkan tentang bus ini? Kenapa saya harus menamai bus ini dengan mobil interaksi? Tidakkah ada kata lain yang lebih tepat? Alasan kenapa saya menamai bus tersebut dengan nama mobil interaksi adalah karena memang di dalam bus inilah interaksi itu terjadi. Interaksi yang berupa komunikasi antara sesama mahasiswa. Interaksi ini mampu menjadi jembatan menuju keakraban diantara mahasiswa sosiologi yang berbeda kelas, yang dulunya belum mengenal sehingga sekarang dapat mengenal satu sama lain.

Terkadang kita memang tidak menyadari bahwa ada suatu alat yang mampu menjamin terjalinnya interaksi antar manusia. Mobil interaksi, menjamin interaksi penumpang yang ada di dalamnya. Kenyamanan bus menawarkan kesempatan untuk menjalin interaksi antara penumpang. Semoga saja interaksi yang terjalin di dalam bus bisa terus tubuh dan berbunga hingga dapat terwujud satu keluarga yang utuh.

Berawal dari sebuah bus, marilah kita rekatkan ikatan-ikatan yang masih renggang dan kita sambung tali-tali kekeluargaan ini. Semoga bermanfaat.

Oleh: Sulaiman el Fatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar