Rabu, 28 Agustus 2019

Kata Mereka


SOSIOLOGI Di mata Mereka
Oleh : Kurniatul Jannah
            Teruntuk pejuang kebaikan selamat datang di Universitas Negeri Yogyakarta, dan selamat bergabung di keluarga besar Pendidikan Sosiologi. Kali ini kita akan mengulas nih, bagaimana si jurusan sosiologi sebenarnya, untuk kalian yang masih bingung dan masih ragu-ragu di jurusan tercinta kita, yuk simak apa kata Mereka tentang jurusan sosiologi.
            Sosiologi merupakan salah satu program studi yang dimiliki oleh Universitas Negeri Yogyakarta yang berada di Fakultas Ilmu Sosial dan merupakan salah satu program studi yang telah terakreditasi A loh. Fakultas Ilmu sosial adalah salah satu fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta yang disebut-sebut sebagai “Fakultas Merah”, “Fakultas Pergerakan”. Sebagai Fakultas Merah, sebagai Fakultas Pergerakan FIS memiliki banyak aktivis, dan lima diantaranya adalah orang-orang ini loh, yuk kita simak apa kata Mereka.
            Sosiologi adalah salah satu jurusan yang sudah sangat familiar di telinga kita semua, merupakan progam studi yang nantinya akan banyak mengulas dan mempelajari masyarakat. Sosiologi adalah ilmu yang materi dasarnya berkaitan dengan  interaksi sosial. Kita semua tau bahwa interaksi ada di setiap kegiatan manusia. Sadar atau tidak semua orang sangat sering melakukan interaksi, baik dengan sesama individu atau dengan kelompok. Koordinator Fakultas Ilmu Sosial Mutawakil Hidayatullah, laki-laki kelahiran Situbondo yang akrab di sapa Akil ini juga sependapat, dan menurutnya juga sosiologi adalah dasar dari segala ilmu, dan ilmu-ilmu lain pasti membutuhkan sosiologi. “Beruntunglah kalian yang sudah masuk dan bergabung menjadi keluarga besar pendidikan sosiologi di UNY ini, karena saya adalah salah satu orang yang tidak beruntung karena sudah dua tahun mengejar jurusan sosiologi. Tapi ternyata takdir saya bukan di jurusan sosiologi” ujarnya juga sebagai salah satu mahasiswa Ilmu Sejarah. Jadi untuk kalian semua terkhusus mahasiswa baru, jangan lupa bersyukur ya, kalian sudah menjadi salah satu orang yang beruntung lohJ.
            Menyambung apa yang diungkapkan oleh Akil, Muhammad Syamsuddin, koordinator Pemandu Putra PKKMB FIS UNY yang akrab disapa Syam ini juga mengatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang juga dibutuhkan oleh ilmu-ilmu lain, dan memiliki kaitan erat dengan ilmu lainnya. “Misalnya hubungan dengan jurusan saya yaitu PKnH, ketika pemerintah ingin menerapkan sebuah peraturan, maka tentu perlu mempertimbangkan dulu bagaimana respon atau dampak yang akan timbul ketika peraturan tersebut di terapkan, nah tentunya perlu melihat keadaan masyarakat dan disini tentu saja pendekatannya menggunakan ilmu sosiologi” begitu ungkapnya. Syam juga mengatakan bahwa dengan mempelajari sosiologi kita akan mudah dalam menghadapi masalah, artinya kita akan memiliki ilmu terkait problem solving apalagi masalah yang terdapat di masyarakat.
            Sosiologi sebagai ilmu yang sangat diperlukan bagi ilmu-ilmu lain juga diungkapkan oleh Rifka Koordinator Pemandu Putri PKKMB FIS UNY dan sebagai mahasiswa yang berprogram studi ilmu komunikasi 2017, menjelaskan bahwa sosiologi sangat erat kaitannya dengan ilmu komunikasi, karena dalam komunikasi tentu terdapat interaksi, dan ilmu tentang interaksi dan komunikasi ini adalah ilmu yang merupakan dasar dari ilmu sosiologi. So, kita sebagai mahasiswa sosiologi harus bangga nih, karena bisa mempelajari ilmu penting yang sangat dibutuhkan juga oleh ilmu-ilmu lain.
Ilmu apapun yang kita pelajari dan tekuni sudah kewajiban kita semua untuk belajar dengan tekun dan ikhlas. Saya percaya bahwa dimanapun kita nanti, jika kita sudah mempelajari ilmu sosiologi ini dengan tekun dan ikhlas kita akan mudah untuk sukses, sukses dalam hal apapun. Sukses pribadinya, sukses berkeluarga, sukses hubungnya dengan masyarakat, sukses pekerjaan juga. Ngomong-ngomong soal pekerjaan, sudah tau belum prospek kerja kita sebagai anak jurusan pendidikan sosiologi nanti jadi apa? Karena kita sebagai jurusan kependidikan tentu nanti kita bisa jadi guru, dosen, bisa bekerja di dinas sosial, juga bisa menjadi sosiolog. Kita tidak tahu sih nantinya akan menjadi apa, sama seperti yang diungkapkan Bagas, mahasiswa geografi 2018 ini mengungkapkan bahwa dia pun belum tau nantinya jadi apa. Bagas hanya berpesan untuk kita semua tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa latih softskill kalian, dengan bekal ilmu dan softskill saya yakin kita bisa sukses dimanapun walaupun nanti tidak berada dalam prospek kerja jurusan kita masing-masing.
Oiya untuk mahasiswa baru ada pesan nih dari kakak kalian “Wahai maba-maba sosiologi jika kalian suka dengan penetlitian sosial, atau turun langsung ke desa dan kota, sosiologi sangatlah tepat bagi kamu. Belajar di program studi sosiologi akan membantumu untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, kalianlah yang akan menjadi pionir-pionir dalam penggerak masyarakat, semangat yaa. Salam hangat dari pendidikan sejarah” Yusuf Triatmaja mahasiswa Pendidikan Sejarah 2018. Terakhir ada pesan dari saya untuk mahasiswa pendidikan sosiologi, terkhusus mahasiswa baru. Jadilah mahasiswa yang ikhlas dalam menjalani apapun, karena diujung ikhlas itu akan ada hadiah yang sudah menanti kalian “ Jangan lupa ikhlas, semoga ikhlasmu seikhlas embun di pagi hari, yang menyegari walau tidak disadari” Semangat berjuang menebar kebaikanJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar