Rabu, 28 Agustus 2019

Profil Laboratorium Sosiologi


Profil Laboratorium Pendidikan Sosiologi
Oleh : Ayu Lestari
Laboratorium Pendidikan Sosiologi atau disingkat Labsos merupakan suatu bagian fasilitas dari Pendidikan Sosiologi FIS UNY. Tujuan dari adanya Laboratorium Pendidikan Sosiologi adalah meningkatkan dan mengembangkan tri dharma perguruan tinggi yaitu aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengandung nilai unggulan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu taqwa, mandiri dan cendekia pada pengelolaan laboratorium Pendidikan Sosiologi.
 Dosen Pembina Laboratorium Pendidikan Sosiologi adalah Ibu Aris Martiana, S.Pd, M.Si. sedangkan asisten Laboratorium Pendidikan Sosiologi antara lain Siti Mayanfa’uni Al Ilhami (2016), Frida Huda K. (2016), Azmi Nuraini (2016), Muhammad     Nashikhin (2017), Khairunnisak (2017), Mia Nurmayani (2017), Turah Latifah (2017), dan Ira Nurastuti (2017).
Laboratorium Pendidikan Sosisologi pada mulanya berbentuk seperti organisasi, yang terdiri dari Pengurus Inti (Ketua,Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara), dan Pengurus Harian (Divisi Kepustakaan, Divisi Media dan Produksi, Divisi Humas, dan Divisi Perlengkapan). Sistem kepengurusan tersebut dirubah pada tahun 2018 menjadi Asisten Laboratorium Pendidikan Sosiologi yang beranggotakan tujuh mahasiswa, yang terdiri dari 3 Divisi, yaitu Divisi Pustaka, Divisi Media dan Produksi, dan Divisi Kajian Keilmuan
Pada mulanya Laboratorium Pendidikan Sosiologi berada di samping barat Koperasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, kemudian pada tahun 2019 pindah ke Laboratorium Ilmu Sosial Terpadu tepatnya lantai tiga. Semenjak kepindahan Laboratorium Sosiologi tersebut, tentunya banyak fasilitas-fasilitas baru, seperti adanya ruangan untuk media pembelajaran, ruang untuk skripsi, ruang khusus untuk Kepala Laboratorium, meja dan kursi untuk pengunjung, rak-rak untuk buku, lemari-lemari untuk meletakkan majalah, shofa dan meja di ruang tengah, empat komputer yaitu dua komputer yang berada di meja pengurus (satu komputer untuk pengurus, dan yang satu untuk komputer katalog skripsi) dan dua komputer untuk pengunjung.
Kegiatan laboratorium sebagai penunjang pembelajaran, peningkatan kompetensi mahasiswa dan pengembangan keilmuan Pendidikan Sosiologi memiliki beberapa fasilitas ataupun pelayanan antara lain:
1.      Peminjaman buku pendidikan dan sosiologi
2.      Peminjaman alat dan barang yang berkaitan dengan pembelajaran
3.      Pengembangan keilmuan dalam peningkatan kompetensi
4.      Tempat berdiskusi mengenai tugas perkuliahan secara individu maupun kelompok
Laboratorium Pendidikan Sosiologi merupakan suatu fasilitas dari Universitas tepatnya Jurusan Pendidikan Sosiologi untuk mengembangkan skill mahasiswa aktif dalam bidang kepustakaan, mengembangkan media pembelajaran, khususnya sosiologi, mencari referensi buku, jurnal, maupun media lainnya, dan melayani peminjaman buku. Pada umumnya buku-buku yang terdapat di Laboratorium Pendidikan Sosiologi merupakan sumbangan dari kakak tingkat atau mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi di Jurusan Pendidikan Sosiologi FIS UNY. Di dalam Laboratorium Pendidikan Sosiologi itu sendiri terdapat kumpulan skripsi mahasiswa sejak tahun 2004 sampai sekarang. Bahkan terdapat juga media pembelajaran seperti puzzle, permainan ular tangga, permainan monopoli, parsel sosiologi, dan permainan surat. Selain buku dan media pembelajaran, tedapat pula hasil penelitian mahasiswa Pendidikan Sosiologi seperti hasil penelitian KKL, dan hasil observasi mahasiswa. Lalu, Laboratorium Pendidikan Sosiologi sendiri memiliki produk Laboratorium berupa buku yang berisi tentang penelitian sosial khususnya tentang sosiologi yang berjudul “Sosiologi Dinamis”, buku tersebut ditulis oleh Pengurus Laboratorium tahun 2016.
. Kegiatan yang pernah diselenggarakan Laboratorium Pendidikan Sosiologi adalah kegiatan sosialisasi terkait laboratorium untuk Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi setiap tahunnya, kegiatan workshop kepenulisan artikel untuk Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi pada tahun 2018, Pelatihan Katalog Buku, Open House FIS tahun 2018, dan kunjungan ke Laboratorium Sosiologi UIN tahun 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar