Jumat, 11 Juni 2021

Kata Mereka

Kata Mereka

(No name)

        Pembelajaran di rumah mengharuskan peserta didik untuk melakukan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan peraturan yang ada. Misalnya menghadiri kelas secara daring, kerja kelompok secara daring, semua kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dilakukan secara daring. Selama pembelajaran jarak jauh, kegiatan belajar menjadi lebih fleksibel. Terkadang, ada mata kuliah yang menerapkan sistem selang-seling, yaitu pembelajaran tatap maya dan pemberian tugas secara bergantian. Walaupun ada beberapa tugas yang memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakannya (termasuk mengumpulkan niat untuk mengerjakan tugas tersebut). Ada juga beberapa tugas yang hanya memerlukan waktu yang singkat untuk mengerjakannya. Dengan demikian, saya memiliki lebih banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajari banyak hal lainnya.

    Dalam hal produktivitas mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran jarak jauh, hal tersebut tergantung pada sinyal saya. Terkadang saya tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh secara maksimal karena terkendala sinyal. Akan tetapi, jika produktivitas belajar dalam artian selain kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan oleh kampus, saya merasa lebih produktif karena adanya fleksibilitas waktu yang ditawarkan oleh sistem ini. Untuk masalah penyampaian materi, beberapa dosen sudah menyampaikan materi dengan baik. Akan tetapi, ada beberapa dosen yang saya rasa agak kurang dalam penyampaian materi, mungkin karena keterbatasan dalam penguasaan teknologi.

    Kelebihan dari pembelajaran online ini adalah adanya fleksibilitas waktu, serta memberikan kesempatan dan pengalaman untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal. Sedangkan kekurangan dari pembelajaran online ini adalah nilai saya menjadi bergantung pada sinyal dan PLN, tidak bisa bertemu dengan teman-teman kelas (hanya bisa sksd lewat media sosial), terkadang menjadi kendala dalam mengerjakan tugas kelompok, berpotensi mengakibatkan penurunan kesehatan mata karena terlalu lama menatap layar, kesempatan kuliah dan merasakan vibes Jogja berkurang satu tahun, dan karena sistem pembelajaran online ini saya tidak bisa merasakan dan memanfaatkan fasilitas kampus secara maksimal.

    Harapan saya semoga pandemi cepat berakhir, sehingga bisa segera ke Jogja dan bertemu teman-teman serta dosen-dosen, dan juga semoga nilai saya bagus-bagus, hehe.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar