Senin, 06 Januari 2020

Kata Mereka


Kata Mereka
Lucy Dilogi 2019
“ Menurut saya melihat kesetaraan gender yang ada di indonesia sudah baik atau semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pola pikir masyarakat yang sudah mulai berubah, mereka sudah memiliki pemahaman bahwa antara laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama dalam berbagai hal. Contohnya saja di daerah asal saya Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Secara umum masyarakatnya masih sangat terikat dengan adat sehingga mereka berpendapat bahwa untuk apa anak perempuan sekolah hingga tinggi yang pada akhirnya hanya mengurus rumah. Namun seiring berjalannya waktu pandangan tersebut hilang. Sekarang justru mereka berlomba-lomba menyekolahkan anaknya baik itu laki-laki atau perempuan untuk membawa nama baik keluarga. Meskipun beberapa aspek antara laki-laki dan perempuan itu setara tapi ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh salah satunya karena sejatinya secara fisik dan psikologis wanita dan laki-laki itu berbeda kodratnya”.
Dency Dilogi 2017
“ Sebagai mahasiswa kita harus lebih menyadari bahwa perubahan yang besar terkait pengolahan dan produksi bukan hanya menjadi tugas satu pihak tetapi seharusnya menjadi tugas bersama. Dimana setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan bekerja sama untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik pula kedepan untuk penerus generasi bangsa”.
Anita Dilogi 2017
“Menurut saya jenis kelamin merupakan pemberian dari Tuhan, tidak ada yang bisa meminta hal tersebut. Namun gender bukan tentang jenis kelamin saja tapi lebih dari itu. Laki-laki dan perempuan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mana mereka akan saling melengkapi satu sama lain. tidak perlu ada stratifikasi tentang gender, tentang laki-laki dan perempuan. Apapun itu mau laki-laki atau perempuan jika mereka mampu kenapa harus dipermasalahkan”.
Cantika Dilogi 2019
“Menurut saya kesetaraan gender adalah keadilan gender. Kesetaraan gender di dalam revolusi industri sekarang ini segala jenis pekerjaan apapun tidak hanya dilakukan pria saja, melainkan sekarang perempuan juga bisa bekerja. Contohnya dalam perusahaan sudah banyak perempuan yang bekerja dan terkadang justru mendominasi. Serta saya pernah mendengar adanya isu praktik kebijakan dalam memperkuat dan mendukung perempuan baik sebagai penerima gaji dan sebagai wiraswasta/ pengusaha. Sehingga dari kesetaraan gender di revolusi sekarang ini tiap tiap orang harus memperoleh perlakuan yang sama, adil, dan kesempatan yang sama bagi gender laki-laki dan perempuan dalam hal partisipasi dalam bidang apapun”.
Khoirrunisak Dilogi 2017
“ Menurut saya kesetaraan gender itu merupakan sebuah bentuk keadilan yang harus diterima oleh setiap individu baik itu laki-laki maupun perempuan. Gender merupakan peran yang dikontrusiksikan oleh budaya masyarakat. Saat ini kita masih berada dalam ketidaksetaraan gender yang mana ini sangat merugikan kedua belah pihak. Ketidaksetaraan ini disebabkan oleh adanya anggapan masyarakat yang menilai bahwa laki-laki itu tetap yang paling diatas dan perempuan itu yang berada dibawahnya. Anggapan-anggapan inilah yang kemudian membuat kita terkurung dalam budaya patriarki yang membuat kesetaraan gender sulit untuk ditegakkan”.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus