Minggu, 21 April 2019

Kegiatan Upgrading Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2019



Oleh : Nur Anisa Risqi Ramadhani
Kegiatan upgrading himpunan mahasiswa pendidikan sosiologi dilakukan pada hari Sabtu sampai Minggu tanggal 6-7 April 2019 bertempat di Notoplankton, Turi, Sleman, Yogyakarta.  Upgrading ini diselenggarakan setiap tahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kerja, serta etos dalam organisasi khususnya dari para pengurus himpunan mahasiswa Pendidikan Sosiologi, agar dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan program kerja yang akan dijalankan selama satu periode kedepan. Selain itu, alasan diadakan kegiatan upgrading ini  karena suatu keharusan yang dilakukan pada setiap tahunnya oleh para pengurus HIMA Pendidikan Sosiologi. Upgrading ini dipersiapkan dan dibuat oleh para pengurus himpunan mahasiswa pendidikan sosiologi yang menjadi panitia dan dengan sasaran utamanya yaitu para pengurus yang baru.
Didalam kegiatan upgrading ini terdapat berbagai urutan rangkaian acara, dimulai pada hari pertama, setelah tiba dilokasi yaitu istirahat sampai pukul 18.30 WIB, kemudian acara yang kedua dimulai pukul 20.00, acara yang kedua memang sedikit diluar waktu yang dijadwalkan, sebab masih  menunggu para pengurus yang belum tiba karena terdapat alasan tertentu. Setelah mereka tiba, acara yang kedua dimulai dengan acara inti yaitu penyampaian materi 1 yang diisi oleh Mas Adi, salah satu alumni dari kepengurusan himpunan mahasiswa pendidikan sosiologi pada tahun 2015. Acara tersebut, dilaksanakan di pendopo utama dan diikuti oleh semua pengurus. Kemudian setelah acara tersebut selesai terlaksana, dilanjutkan dengan Forum Group Disscusion, namun acara tersebut tidak dapat terlaksana, dengan alasan karena waktu diperkirakan sudah terlalu malam dan sudah melewati waktu yang telah di jadwalkan, maka dari itu dilangsungkan acara api unggun yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah keakraban antar sesama pengurus. Kemudian acara api unggun tersebut diisi dengan games sambung pertanyaan dengan melalui sebuah nyanyian. Games ini diikuti oleh para pengurus hima serta para panitia dengan sangat berantusias. Dan acara ini dilakukan hingga sekitar pukul 23.00 setelah itu, dilanjutkan lagi untuk menuju ke pendopo umum dengan melakukan penukaran kado silang dan diselingi dengan kegiatan sharing dan tebak-tebakan sebagai hiburan. Dan sekitar jam 24.00 acara telah diselesaikan, karena mengingat waktu dan  masih banyak acara yang dilakukan pada hari kedua.
 Pada hari kedua dimulai dengan persiapan sholat dan juga makan, kemudian dilanjut dengan menonton film bersama, yang bertempat di pendopo utama. Selanjutnya, sekitar pukul 08.00 WIB kegiatan diisi dengan acara games-games yang bertempat di lapangan volly, games yang dilakukan yaitu volly sarung, dragonball, dan gobaksodor. Namun, karena keterbatasan waktu, tidak semua games tersebut dapat terlaksana, hanya volly sarung dan dragonball saja yang berhasil di lakukan hingga selesai kurang lebih pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan untuk kembali ke pendopo umum. Setelah sampai acara selanjutnya yaitu istirahat dan bersih-bersih yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian menjadi berbagai forum yang berisikan berbagai perwakilan dari anggota divisi, hal ini bertujuan untuk memaparkan program kerja dari divisi masing-masing dan agar saling memahami proker disetiap divisi. Kemudian setelah selesai acara tersebut, dilanjutkan dengan perwakilan dari forum maju kedepan untuk menyampaikan hasil dari perkumpulannya didalam forum tersebut. Setelah acara selesai dilakukan, kemudian acara selanjutnya yaitu persiapan untuk pulang dengan membersihkan semua peralatan, dan pada pukul 12.00  semua acara upgrading tersebut  telah selesai dilakukan dan diakhiri dengan penutupan dan sesi foto bersama .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar